Saturday, February 11, 2017

KOMPOR PORTABLE | KOMPOR KEMPING

KOMPOR PORTABLE | KOMPOR KEMPING
Kompor Portable Seri Z220
Spesifikasi :
  • Ukuran 12 cm x 12 cm x 10 cm
  • Bahan Bakar Gas Tabung 230gr
  • Bahan Rangka : Besi Kaleng
  • Sumber Api : Pematik
  • Kekuatan : Rata-Rata 1 Tabung / Malam
Jumlah Stock Pertanggal 02 Februari 2017 :
  • 10 Unit Ready
Sekilas Tentang Kompor Portable

Kompor portable jenis ini banyak digunakan oleh para pendaki sebagai alat masak mereka ketika melakukan kegiatan camping. Sebab selain bentuknya yang kecil dan mudah di packing, kompor jenis ini sebenarnya sangat mudah digunakan. Bahan bakar kompor portable ini cukup dengan gas kaleng atau biasa disebut dengan gas hicook.
Sebenarnya ada beberapa jenis kompor portable yang biasa digunakan untuk memasak. Ada yang jenis kompor kotak, kompor kembang, kompor yang ada selangnya, dan masih banyak lagi. Namun untuk pembahasan kita kali ini memilih kompor kotak sebagai contoh cara menggunakannya.
Untuk spesifikasinya sendiri kompor portable ini memiliki Panjang 11,2 x Lebar 11,2 x Tinggi 9,5 cm Berat 450 gram dan bahan bakar gas. Harganya yang terjangkau dan banyak dijual di toko-toko outdoor kompor portable jenis ini mudah didapat. Berikut adalah tahapan cara menggunakannya.
– Siapkan kompor portable dan gas hicook
– Buka kaki-kaki kompor atas dan bawah

Kaki yang bawah berfungsi untuk menstabilkan posisi kompor ketika diletakan. Sedangkan kaki yang atas berfungsi sebagai penyangga wajan atau nesting.

– Masukan gas ke kompor

Perhatikan cara memasukannya, pertama kaitkan mulut bawah tabung ke kompor dengan posisi bolongan yang ada di mulut tabung harus berada diatas dan simetris dengan pengait yang ada di kompor. Kemudian tempelkan dan putar sedikit saja tabung ke arah kanan.

– Buka kran gas nya

Fungsinya adalah mengatur besar kecil api yang keluar. Untuk memulai buka sedikit saja, samapai terdengar suara gas yang keluar. Umumnya putar ke arah kiri menambah volume api dan sebaliknya putar ke arah kanan mengecilkan sampai mematikan apinya.

– Tekan pemantiknya

Fungsi dari pemantik adalah sebagai penghantar api supaya bisa menyala, dan terbuat dari magnet. Bagian pemantik ini yang sering mengalami kerusakan karena magnet sudah habis. Tapi gak usah khawatir gunakan korek sebagai penggantinya.

– Kompor siap digunakan
Dari pengalaman kami selama memakai kompor portable, satu tabung gas bisa dipake memasak nasi hingga 3 kali dengan menggunakan Nesting TNI dan juga bisa memasak air untuk minum kopi atau teh. Usahakan ketika sudah selesai memasak, gas hicook jangan dibiarkan menempel di kompor untuk menhindari kebocoran gas sehingga terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Kebocoran gas biasanya disebabkan oleh kompor itu sendiri, entah karena kualitas kompornya sudah rusak atau kurang rapat menutup kran gasnya. Jadi lebih aman mending dilepas aja gas hicook nya.
Demikian sedikit penjelasan cara menggunakan kompor portable. Mudah-mudahan pembahasan ini bisa membantu bagi anda untuk bisa masak memasak di gunung, walaupun banyak sekali jenis-jenis kompor portable yang bisa digunakan oleh anda.
Pembahasan ini dibuat betujuan untuk sharing informasi dan pengalaman. Karena dari data yang kami peroleh dari penyewaan alat outdoor Asyakur Adventure, banyak para penyewa yang tidak bisa menggunakan kompor portable, bahkan kami sempet demo bagaimana cara menggunakannya. Dan apabila teman-teman yang membaca artikel ini punya masukan dari pengalamannya mohon komen dibawah.

Sumber : http://www.asyakuradventure.com/
Ditulis ulang : Admin @gempacjunior | 12.21 Wib - 11 Februari 2017

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment