Skip to main content

Jalur Pendakian Palutungan - Mt.Ciremai 3078 Mdpl

Jalur Pendakian Palutungan

Jalur Pendakian Palutungan adalah salah satu dari 4 jalur lainnya yang merupakan akses menuju puncak Gunung Ciremai. Secara administratif pemerintahan Jalur Pendakian Palutungan terletak di Dusun Palutungan Desa Cisantana Kab. Kuningan, Jawa Barat. 
Jalur Pendakian Palutungan dikelola bersama antara Balai TNGC dengan MPPGC (Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai) Palutungan yang merupakan salah satu wujud pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya...


Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai TNGC Nomor : SK.47/BTNGC-1/2013 tanggal 1 April 2013 tentang Prosedur Pelayanan dan Pengawasan Pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai telah ditetapkan antara lain :
1. Kuota pendakian : 500 orang/hari
2. Syarat pendakian 
3. Hak dan Kewajiban MPPGC 
4. Tarif masuk
5. SAR
6. Contact Person : Nana Kusna (082115687824) Endun Abdullah (085221030093)
Selengkapnya dapat diunduh di www.tngciremai.com
Cerita
Basecamp - Cigowong

Jalur antara basecamp menuju cigowong relatif masih mudah. Jalanan masih landai, track bervariasi, kadang lebar kadang menyempit, namun jelas. Yang perlu diperhatikan adalah banyaknya persimpangan spanjang jalur ini. Namun tidak perlu khawatir, banyak penunjuk berupa plang - plang yang menempel di pohon - pohon. Perjalanan menuju cigowong memakan waktu rata - rata 2 jam, dengan kecepatan normal. Jalur dibuka dengan melewati ladang-ladang penduduk, begitu memasuki pintu rimba, pendaki akan melewati semak - semak yang cukup rimbun. Kondisi hutan sepanjang jalur didominasi hutan homogen pinus dan pohon - pohon besar, suasana cukup teduh. Jalur relatif bersih kecuali di beberapa shelter sebelum cigowong, sampah sisa pendaki cukup banyak.

Cigowong adalah sebuah shelter yang luas, bisa memuat puluhan tenda. Kondisi shelter ini cukup nyaman, banyak pohon besar yang rimbun dan terdapat sumber air berupa sungai kecil, yang terus mengalir walau kemarau tiba. Ketinggian tempat ini 1450 mdpl. Dianjurkan untuk mengambil air di sini, karena cigowong adalah sumber air terakhir, sepanjang jalur menuju puncak tidak ada lagi sumber air, mungkin hanya mata air - mata air temporari seperti di Gua Walet.
Disini terdapat fasilitas berupa Shelter dan Toilet.
Cigowong - Kuta

Pendaki membutuhkan waktu kurang dari setengah jam untuk melahap jalur ini. Jalur didominasi oleh hutan heterogen yang cukup rimbun, banyak pohon - pohon besar, kondisi jalur cukup jelas dan basah. Tidak banyak persimpangan. Pejalanan cukup melelahkan, disebabkan oleh trek yang mulai menanjak. Kondisi lingkungan cukup bersih. Kuta berada pada ketinggian 1575 mdpl, Shelter ini cukup luas, bisa memuat dua tenda pendaki ukuran 4 - 5 orang.

Kuta - Pangguyangan Badak

Memakan waktu sekitar 45 menit. Jalur bervariasi, kadang landai, kadang menanjak habis-habisan. Kanan - kiri jalur berupa jurang yang cukup curam. Kondisi jalur cukup bersih, namun seperti biasa, di shelter - shelter sebelum Pangguyangan Badak sampah lumyan banyak. Jalur lebar, ada persimpangan, namun ada keterangan jelas mengenai jalur yang benar. Biasanya terdapat plang penunjuk arah atau jalur yang salah ditutup kayu. Pangguyangan Badak adalah shelter yang cukup luas, cukup untuk mendirikan 8 hingga 10 tenda. Tempatnya cukup terbuka, perlu waspada terhadap pacet. Ketinggian pada pada plang adalah 1800 mdpl.

Pangguyangan Badak - Arban

Jarak Pangguyan Badak menuju Arban cukup jauh, memakan waktu 1 jam lebih. Cukup menguras tenaga, jalur mulai menanjak konstan. Pendaki perlu berhati - hati, banyak pohon tumbang dan akar - akar pohon yang muncul liar. Bila diperhatikan secara seksama, akan terdengar suara sungai yang bersal dari lembah di kanan jalur. Jalur cukup jelas namun basah, ciri khas gunung - gunung di Jawa Barat. Arban berada di ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Menurut kabar burung, tempat yang berkapasitas 3 - 5 tenda ini, cukup angker. Dilarang berbicara sembarangan di sini.

Arban - Tanjakan Asoy

Seperti namanya, jalur ini benar - benar assoy, tanjakannya menggila, liar, buas, tak berujung. Kondisi jalur cukup jelas, bervariasi terkadang cukup lebar, kadang menyempit. Dihiasi oleh hutan yang merimbun dan heterogen. Jalur pendakian relatif bersih dari sampah. Tanjakan assoy adalah tempat yang cukup luas, cocok digunakan untuk bemalam. Tempatnya luas, cukup untuk mendirikan 4 - 6 tenda sekaligus. Ketinggian 2108 mdpl.

Tanjakan Asoy - Pasanggrahan

Memakan waktu hampir 1 jam. Perjalanan sangat sangat menguras tenaga sekali. Jalur terus menanjak tampa ampun, meski cukup jelas dan minim persimpangan. Pendaki perlu berhati - hati, jalur cukup basah dan akan menjadi sangat licin bila hujan datang. Pasanggrahan bisa memuat sekitar 4 - 5 tanda. Dulu terdapat plang atau papan nama yang menunjukkan tempat tersebut adalah pasanggrahan, tapi sekarang telah tumbang. Tanda medan yang tersisa adalah pohon tumbang di tengah shelter.

Pasanggrahan - Goa Walet

Jalur tanpa toleransi, tidak ada pilihan lain selain jalan menanjak. Didominasi oleh batuan-batuan besar dan sisa - sisa lava yang membeku. Perlu kehati-hatian. Vegetasi mulai berubah, tumbuhan mulai jarang. Terdapat persimpangan di ujung jalur, nila turun ke kanan menuju gua walet, bila jalan terus ke atas, akan sampai di puncak. Di Goa Walet terdapat mata air yang bersifat angin - anginan, bila musim hujan tiba, air cukup melimpah, namun jadi kering saat kemarau. Merupakan tempat yang ideal untuk ngecamp. Terdapat bentukan gua yang cukup dalam. Di depan gua ada area yang cukup luas, bisa memuat lebih dari 8 tenda. perjalanan memakan waktu kurang dari 1 jam. Bila berjalan sedikit lagi ke atas pendaki akan bertemu satu pertigaan lagi. Merupakan pertemuan antara jalur maja ( majalengka ) dan Palutungan. Bila ingin ke Majalengka, ambil jalan turun di sebelah kiri jalur.

Goa Walet - Puncak

Jalur menuju puncak didominasi oleh batu - batuan terjal dengan tanjakan yang curam. Vegetasi, pepohonan, mulai langka. Batas vegetasi menjadi jelas. Dari Goa Walet menuju puncak Ciremai dapat ditempuh dalam waktu setengah jam. Puncak gunung Ciremai menawarkan pemandangan yang memukau mata. Kaldera yang luas dengan kawah biru di tengahnya. Bentukan kawah terdiri dari batuan vulkanis dan sisa - sisa lava yang membeku hasil letusan masa lalu. Dari puncak Ciremai, bila tidak ada kabut, kita dapat menyaksikan kemegahan gunung Slamet, Sindoro, dan Sumbing di ufuk timur serta garis pantai Cirebon yang melengkung cantik.

Terdapat beberapa ruang yang cukup lapang, bisa digunakan untuk membuka tenda. Namun tidak dianjurkan untuk bermalam di puncak. Angin cukup kencang dan suhu yang teramat dingin dapat mengakibatkan hal - hal yang tidak diinginkan terjadi. Di puncak Ciremai terdapat banyak sekali ”in Memoriam ”, untuk mengenang dan menghormati para pendaki yang meninggal di sana. Ketinggian 3078 mdpl.
http://www.youtube.com/watch?v=q_98uWLsV9E

Atau Bisa Mampir ke http://www.tngciremai.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendakian Bersama - Mu ( Sang Badai Mt.Ciremai 3078Mdpl )

Pendakian Bersama - mu Gempac Junior  adalah organisasi penjelajah  alam yang berusaha bangkit kembali'. Kalau ada  junior , pasti ada  senior nya.  (kata Komandan, hehehehehe). Untuk menjelaskan organisasi ini, butuh waktu ekstra. Jadi singkatnya, kami adalah penjelajah alam yang belum lihai  menjelajah alam. Ekspedisi kami gagal total. Namun kami tetap bangkit dan melakukan  ekspedisi lain, dengan spontan, tanpa persiapan  matang. Kami memilih Gunung Ciremai. Karena dekat, efisien waktu dan ... hemat uang XD.

CARRIER | ALL SERIES 35 L - 100 L

CARRIER | ALL SERIES 35 L - 100 L Carrier Gravell | Sangkareang 60 L Up To 70 L Spesifikasi : Bahan Coredura Import Backsystem Bisa Diatur Sesuai Ukuran Pemakai ( Adjustable ) Merk By Gravell Type Sangkareang Kapasitas 60L up to 70L Include Cover Bag Jumlah Stock Pertanggal 02 Februari 2017 : Kapasitas 35 L | 1 Unit Ready Kapasitas 50 L | 2 Unit Ready Kapasitas 60 L | 2 Unit Ready Kapasitas 80 L | 3 Unit Ready Kapasitas 100 L | 2 Unit Ready ___________________________________ Sekilas Tentang Tas Gunung / Ransel / Carrier / Cerrier  Ransel  adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, tetapi ada juga pengecualian, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel digunakan si pemakai untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan.  Teknologi  yang dipakai pun diformulasikan khusus s

Isi Ulang Gas portable

Isi Ulang Gas portable - dari pada beli baru mending isi ulang ajah menghemat biaya pengeluaran & tetap menjaga kelestarian dengan tidak membuang tabung gas di gunung . ISI ULANG PORTABLE GAS 220 GRAM | Harga Per Tabung Rp 8.000,- ( Mengikuti Harga GAS pada umumnya. Alamat : Jl. Tengahtani N o.46/27 Rt.01/03 Blok Karang Birai Ds. Dawuan Kec. Tengahtani Kab. Cirebon  ( Depan Deaaler HONDA SMM | Belakang Empal Gentong Ibu Nur ) ( 50 M ke arah barat dari POM Bensin Tengahtani ) Syarat Refill : - Tabung gas bawa sendiri - Konstruksi tabung layak isi : tidak lecet, bocor, penyok. - Kepala tabung dilengkapi penutup. - Konektor tabung dalam kondisi lancar ( tidak macet, kotor, berkarat. ) Syarat Service : - Kondisi Kompor masih memiliki bentuk - Bisa langsung konsultasi untuk keluhannya ( minusnya ) - tidak bisa ditunggu ( minimal 2/3 hari pengerjaan ) CP. 089660167339/085797144434 Admin. 085317514447